Tips Bagi Orang Tua Agar Anak Pintar Matematika

Tips Bagi Orang Tua Agar Anak Pintar Matematika- Anak memiliki suatu minat pada bidang tertentu, tidak terkecuali dengan matematika. Minat-minat tersebut juga perlu diperhatikan oleh setiap orangtua. Agar nantinya saat bimbingan di rumah, anak tidak kehilangan minat dan tidak bingung ketika disodori soal variasi perhitungan.

Kemampuan numerik anak dalam bidang matematika akan berbeda satu sama lain. Jika anak memiliki kemampuan numerik yang tinggi bisa dipastikan anak tersebut jago matematika. Akan tetapi jika tidak diimbangi dengan metode belajar dan bimbingan orang tua kemampuan numerik tersebut tidak akan terasah dengan baik.

matematika

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dan permainan yang bisa dijalankan para orangtua dalam mengajari belajar bilangan dan menghitung.

Mungkin orang tua bisa mendatangkan guru privat atau mengikutkan anak ke kursus matematika untuk membuat anak pandai matematika. Namun perlu dicatat bahwa peran orang tua cukup besar dalam mengembangkan minat anak tersebut.

Nah, berikut tips buat para orang tua agar putra putri anda jago matematika:

Katakan dengan lantang

Konsep-konsep matematika perlu dipelajari oleh anak sejak dini dan bertahap. Ketika Anda mengenalkan konsep baru matematika, mintalah anak mengulang konsep tersebut dengan bersuara lantang, dan menulis ulang intisari dari konsep tersebut. Contoh: Pemfaktoran adalah bilangan dua angka yang akan menghasilkan bilangan lain jika dikalikan. 5 x 3 = 15, jadi faktor 15 adalah 5 dan 3
Latihan soal. Anak perlu diajak berlatih mengerjakan soal-soal matematika yang bervariasi. Nantinya anak tidak akan bingung ketika menemukan model soal yang berbeda dari yang pernah dipelajari. Banyak sekali kumpulan soal matematika yang bisa diunduh melalui internet. Misalnya: funbrain.com, coolmath.com, dan mathcats.com

Gunakan gambar

Untuk menarik minat anak dalam perhitungan cobalah buat konsep sederhana dari matematika menggunakan media gambar. Selain itu variasi soal juga perlu ditambahkan gambar seperti halnya soal cerita agar anak bisa menumbuhkan daya imajinasi dan berpikir cepat tentang penyelesaian soal tersebut.

Gunakan pensil warna

Ketika menyelesaikan persoalan dengan rumus yang bertahap, ajaklah anak untuk menggunakan pensil warna, mewarnai rumus-rumus penting dari penyelesaian tersebut agar nantinya mudah diingat.
Adu cepat. Mengasah kemampuan anak dalam menyelesaikan soal matematika juga bisa dengan permainan

Adu cepat

Berikan anak beberapa soal matematika dan mintalah dia untuk menyelesaikan soal-soal tersebut dengan hitungan waktu tertentu. Tidak perlu memarahi anak jika soal yang dikerjakan ada yang salah. Ajak mereka untuk bersama-sama mengoreksinya.

Suruh anak untuk mengingat

Saat belajar matematika, suruh si anak menggunakan sistem mengingat, bukan menghafal apa yang sudah dikerjakan. Suruh anak untuk megulang apa yang sudah dipelajari. Dengan begitu, secara otomatis hal yang sudah dipelajari itu sedikit demi sedikit akan diingatnya. Jika menyuruh anak untuk menghafal, maka hanya akan membuatnya stres.

Ajari yang paling mudah terlebih dahulu

Sebagai orangtua, Anda harus bisa mengajari si anak dengan baik. Sejak dirinya kecil, mulailah mengajarinya berhitung dan mempelajari materi matematika yang mudah terlebih dahulu. Dengan mempelajari materi yang mudah terlebih dahulu, tentunya pikiran si anak tak begitu terbebani dan menganggap mudah mempelajari matematika.

Itulah tips bagi orang tua agar anak pintar matematika, semoga anda para orang tua semakin aktif memantau dan berperan langsung dalam perkembangan pendidikan buah hatinya, semoga tips di atas bermanfaat.

Tips Bagi Orang Tua Agar Anak Pintar Matematika | Budi S | 4.5