Cara Membuat Aransemen Lagu

Cara Membuat Aransemen Lagu – Sebuah lagu sejatinya berjuta makna, pasalnya dengan mendengarkan sebuah lagu emosi dan mood seseorang bisa berubah secara signifikan. Dari sedih menjadi gembira, dan sebaliknya. Hal ini sedikit menggelitik namun memang begitu adanya, lebih ekstrim lagi efek dari mendengarkan lagu sangat berpotensi mengubah tingkah laku seseorang. Percaya atau tidak, hingga saat ini lagu juga di gunakan sebagai salah satu metode pengobatan.

Adapun yang unik dari sebuah lagu, konon dengan mengaransemen lagu yang sama bisa menghasilkan emosi berbeda-beda pada pendengarnya. Bingung kan? coba amati saja lagu -lagu sekarang ini banyak sekali aransemen lagu, sangat tren kita sebut versi cover atau apalah itu namanya. Poin yang ingin kami tunjukkan adalah aransemen sebuah lagu juga faktor utama sebuah lagu bakal ngehits atau tidak. Tengoklah Boyce Avenue, Charlie Puth, Rais, dan masih banyak lagi. Kesemuanya merupakan artis jebolan salah satu situs video host Youtub, mereka di kenal dengan menyanyikan ulang lagu seseorang dengan aransemen sendiri.

Aransemen adalah penyesuaian/pengolahan komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi lagu yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

aransemen

Menguasai harmoni menjadi wajib tatkala seseorang ingin menjadi pengaransemen ulung, setidaknya dengan modal pengetahuan dan pengusaan tentang harmoni dan tangga nada seseorang tersebut lebih berpeluang ketimbang yang tidak. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki modal tentang harmoni atau tangga nada apapun? Tenang saja, semuanya ada prosesnya meskipun memang tidaklah mudah. Nah kabar baiknya yaitu kami berhasil menghimpun beberapa cara tentang bagaimana mengaransemen sebuah lagu yang benar yang kami rangkum khusus untuk pembaca. Simak ulasan di bawah ini ya :

Bagaimana sih caranya mengaransemen sebuah lagu?

1. Kenali jenis /genre lagunya

Kenapa kita harus mengenal jenis lagunya dulu? karena ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”nah lho! ini berguna untuk kita agar bisa merasakan ketukan dari alunan nadanya, dll. Proses ini penting karena akan berhubungan dengan, mau dijadikan jenis musik apa lagu kamu tersebut,apakah rock,pop,dangdut dan yang lainnya.

2. Refrensi musik

Idealnya referensi lagu di ambil atau mengadopsi dari influence grup itu sendiri, namun dengan mengenal semakin banyak aliran musik niscata referensi musik anda pun tentu bertambah. Nah untuk aransemen anda juga mengambil referensi dari musik luar negeri walaupun secuil, itung2 untuk memperkaya musik anda.

3. Lyric

Lirik perlu mendapat perhatiin khusus. Dalam beberapa kasus, saya pernah mengganti lirik lagu karena setelah di aransemen, merasa tema liriknya akan lebih bagus jika di ubah. Kualitas penulisan lirik jg harus diperhatikan, jangan sampai melenceng jauh dari tema2 yang sudah kita pikirkan.

4. Teknik pengulangan

Pengulangan dalam sebuah lagu terbilang hampir ada di semua lagu, entah lagu manca ataupun tanah air. Bahkan lagu tradisional pun pasti ada pengulangannya. Namun ada beberapa lagu yang terkesan membosankan saat terjadi terlalu banyak pengulangan, nah hindarilah pengulangan bait/syair/nada agar lagu tidak monoton. Atau jika terpaksa terjadi banyak pengulangan maka variasikanlah dengan beberapa nada untuk menghindari kesan monoton.

5. Masukan orang lain

Perbanyaklah koneksi dengan orang sekitar anda, mintailah meraka pendapat tentang lagu anda. Tak harus musisi ternama, musisi lokalpun pasti bisa berpendapat tentang lagu anda. Manfaatkan juga teman2 anda untuk mendapatkan masukkan yang lebih banyak. Biasanya orang2 yang tdk mengerti musik dan hanya sebagai pendengar saja lebih bagus jika diminta pendapatnya, karena mereka biasanya lebih mementingkan enak tidaknya lagu tersebut tanpa melihat materi dari suatu lagu. Ingatlah, jangan anda terjebak dengan prinsip bahwasanya lagu yang anda ciptakan hanya untuk anda nikmati sendiri.

Nah cara paling ampuh untuk mendapatkan masukan secara massal yakni dengan mengupload demo lagu anda ke situs2 seperti youtube, fb, soundcloud atau penyedia2 stream audio yang lain. Makin banyak lagu anda tersebar makin besar kesempatan anda mendapatkan banyak masukan.

6. Teori

Mau atau tidak, benar atau salah teori sangat di perlukan dalam menyusun sebuah aransemen lagu agar lagu terlihat sempurna. Teruslah belajar dengan banyak teori, genre, nada dan lainnya agar anda lebih kaya pengetahuan tentang lagu. Belakangan ini semua genre termasuk lagu pop, kpop, emo, atau rock terbilang banyak di sukai. Namun jangan pernah terpaku untuk membuat lagu dengan 1 genre, kombinasikanlah dengan genre dan tempo yang berbeda agar wawasan teori anda kiat menanjak.

7 . Cobalah mainkan lagu dengan alat musik yang lain

Cara ini terbukti ampuh untuk memecah kebuntuan ide anda, dari sini anda bisa membuat list kelebihan dan kekurangan lagu anda jikalau nanti ke depan ingin mengaransemen ulang. Lakukan berulang dengan alat musik berbeda, hal ini akan memperkaya materi anda.

8. Reff

Reff atau kepanjangan dari reffrain bisa jadi menjadi bagian paling vital dari sebuah lagu, bahkan banyak kalangan pendengar mengenali sebuah lagu dengan mendengarkan bagian Reff-nya. Dari reff itu juga pendengar lagu berpotensi larut dalam alunan lagu secara keseluruhan hingga akhirnya menjadi suka akan lagu tersebut. Sangat di sarankan mengolah bagian Reff dibagian akhir lagu, hal ini karena pada bagian reff ini biasanya bagian yg mudah diingat oleh pendengar. Perlu juga sebagai catatan bahwasanya jika dalam lagu terdapat 2 reff maka usahakan antara reff pertama dan reff kedua agak identik, tips ini untuk menciptakan kesan klimaks pada lagu itu sendiri.

9. Learn from the expert, why not?

Yup, tidak ada salahnya anda mencoba menambah ilmu dengan sang expert. Cara ini juga di gunakan untuk beberapa kontes musik dan terbukti manjur, minimal sang mentor akan memberikan anda sedikit pengalamannya. Berbeda dengan poin 6 dan poin 2 diatas, dengan anda belajar dengan ahlinya tentu feedback yang di dapat akan berbeda pula.

Nah jika diatas sudah kami beberkan 9 cara membuat aransemen lagu, maka kurang lengkap rasanya jika tidak kami lengkapi dengan elemen-elemen penting membuat sebuah lagu. Terlepas bahwa vocal is King, sebaiknya anda mencermati beberapa hal yang menjadi faktor fundamental sukses atau tidaknya lagu anda nantinya.

Demikian tulisan kami tentang Cara Mengaransemen Lagu yang kami himpun dari beberapa sumber. tiada yang lain bertujuan agar bisa menambah wawasan kita tentang tanaman sekitar. Untuk terus mendapatkan update tentang tips kesehatan bisa bookmark halaman ini (tekan ctrl+D) atau gabung ke Facebok, terimakasih.