Cara Membuat Roti Tawar

Cara Membuat Roti Tawar– Roti Tawar adalah makanan yang dibuat dari tepung terigu, rasanya tawar, karena dalam proses pembuatannya tanpa dicampuri bahan lain. Bentuknya persegi, berwarna putih dan cokelat pada bagian tepinya. Jika diiris, tekstur bagian dalamnya kasar.

Saat ini roti tawar tidak lagi hanya berwarna putih dan tawar rasanya, dengan mudah kita jumpai roti tawar dari gandum, roti tawar rasa cokelat, atau roti tawar aroma pandan. Ada pula roti tawar tetapi rasanya manis. Tetap disebut roti tawar, karena bentuknya masih seperti roti tawar yang asli.

Roti tawar biasa disantap sebagai menu makan pagi bersama pelengkapnya, yaitu margarin atau mentega, aneka jenis selai, irisan daging, telur, dan bahan makanan lainnya.

roti tawar

Karena roti merupakan jenis makanan yang mengenyangkan, seringkali dibuat sebagai menu bekal sekolah. Supaya anak-anak tidak bosan dan cita rasa roti lebih kaya, ada berbagai cara mengolah roti tawar, misalnya dipanggang, digoreng, atau dicetak bentuk menarik.

Budaya makan barat memang sedikit berpengaruh, karena roti tawar menjadi salah satu makanan utama favorit Sri Sultan HB IX. Mungkin dikarenakan latar belakang beliau yang sejak usia 4 tahun dititipkan pada keluarga Belanda dan mulai usia 7 tahun disekolahkan ke negara Belanda.

Bahan untuk Pembuatan Roti Rawar antara lain :

1 kg tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instant (kalau mau lebih empuk tambah menjadi 15-20 gr)
2 butir telur
20 gr susu bubuk full cream
100 gr gula pasir
60 gr mentega putih
15 gr garam
475 ml air es
Cara membuat Roti Tawar 

1. Dalam wadah satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, dan tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.

2. Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.

3. Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr.

4. Bulatkan, lalu gilas, dan gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih.

5. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Poles bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)

6. Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang permukaannya kuning kecoklatan.

7. Keluarkan dari oven, poles segera bagian atasnya dengan butter.

Demikian Cara Membuat Roti Tawar, terimakasih telah membaca artikel di atas, semoga bermanfaat.