Menjaga Kesehatan Otak dengan Ekstrak Jahe

Manfaat JaheJahe adalah jenis rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, akan tetapi jahe juga diakui bisa memperbaiki peradangan kanker dari diabetes. Bukan itu saja, masih ada manfaat lainnya dari jahe bagi kesehatan. Untuk menjalani aktivitas setiap harinya, kemampuan dalam hal kognitif sangatlah penting. Beruntungnya, jahe merupakan sejenis rempah-rempah yang bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan kualitas memori otak.

8 Manfaat Jahe bagi Otak

8 Manfaat Jahe bagi Otak

Jahe juga berperan untuk otak supaya terhindar dari penyakit saraf serta stres oksidatif. Peneliti mengutarakan jika seseorang konsumsi jahe, maka akan bisa meningatan kemampuannya dalam hal kognitif, terutama pada wanita yang berusia paruh baya, seperti yang dilansir oleh Naturalnews. Penelitian itu meneliti 60 orang peserta yang secara acak diberikan estrak jahe sebanyak 400 mg sampai 800 mg sekali setiap harinya hingga selama dua bulan. Setelah dua bulan, para peserta memori dan fungsi kognitifnya dievaluasi. Ternyata mereka yang konsumsi ekstrak jahe telah menunjukkan peningkatan memori, dan membuat stres oksidatif berkurang. Itulah kenapa jahe menjadi rempah-rempah yang bisa menjaga kesehatan otak. Kamu dapat menggunakan jahe sebagai bumbu masakan ataupun diseduh untuk dijadikan minuman supaya bisa membantu kesehatan saraf danĀ  otak kamu.

Nah berikut kami sajikan begitu banyaknya manfaat jahe bagi kesehatan kita yang kami ambil dari berbagai sumber.

Manfaat dan Khasiat Jahe

1. Obat Mual & Masuk angin

Jahe mampu mengblokir serotonin yang merupakan senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

2. Membantu Melancarkan Pencernaan

Hal ini dikarenakan jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3. Menurunkan tekanan darah (Hipertensi)

Jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, yang mengakibatkan darah mengalir lebih cepat dan lancar serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan akan mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang juga menjadi penyebab utama stroke, dan serangan jantung.

5. Mengobati sakit perut

Jahe juga merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut, seperti diare. Benar saja karena jahe bersifat analgesik dan menenangkan.

6. Menyembuhkan migrain

Studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor penyebab rasa sakit pada kepala. Dengan demikian, jahe mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

7. Mencegah beberapa jenis kanker

Ekstrak jahe juga terbukti ampuh menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Jahe terbukti berkhasiat menurunkan kadar kolesterol, selain bersifat membersihkan darah. Dengan demikian serangan jantung dan pembekuan darah dapat dicegah.