Mengapa Harus Karbohidrat Rendah

Mengapa Harus Karbohidrat Rendah– Biarpun karbohidrat adalah bagian vital dari pola makan kita karena merupakan sumber energi utama, banyak orang yang secara keliru akhirnya mengkonsumsi terlalu banyak jenis karbohidrat. Ini menimbulkan masalah kegemukan di seluruh dunia dan meningkatkan jumlah penderita penyakit serius yang berhubungan dengan kegemukan.

sumber karbohidrat rendah

sumber karbohidrat rendah

Apa saja karbohidrat yang buruk?

Pada intinya, ada tiga jenis utama karbohidrrat:

  • Gula sederhana atau monosakarida: glukosa (gula darah) dan fruktosa (gula buah).
  • Gula rangkap atau disakarida: laktosa (gula susu).
  • Karbohidrat kompleks atau polisakarida: staches (zat tepung) dan selulosa (kentang, nasi, butir padi dan serat diet).

Karbohidrat yang buruk adalah karbohidrat yang dimurnikan seperti terigu putih dan gula yang sudah hilang zat gizinya yang diperlukan tubuh untuk metabolisme. Bila proses pemurnian telah mengeluarkan magnesium, seng, kromium, dan vitamin B dari tepung putih dan gula secara nutrisi tidak hanya berlebihan tetapi juga menghabiskan mineral dan vitamin penting yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsi penting lainnya.

lalu apakah cukup dengan menghentikan pemakaian gula putih dalam kopi anda?

Sayangnya tidak. Karbohidrat yang murni sebenarnya bersembunyi di semua junk food bersama dengan lemak terhidrogenasi yang tak sehat, kadar garam yang tinggi dan dikumpulan bahan tambahan makanan. Makanan kosong nutrisi ini membentuk 75 persen dari pola makan banyak orang.

Karbohidrat yang dimurnikan sangat merusak kesehatan secara keseluruhan. Karbihidrat ini termasuk aliran darah dengan cepat dan menaikan gula darah. Lalu gula darah turun dengan cepat, yang membuat tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang lain. Jadi, jika anda pernah bertanya-tanya bagaimana bisa kembali memakan biskuit kalengan terus-menerus dan tidak pernah merasa kenyang ini alasannya.

 

Apakah anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini?

kelelahan

Mood atau suasana hati yang berubah-ubah

Otak seperti berkabut dan tidak mudah berkonsetrasi

Tidak bisa berhenti mengkonsumsi karbohidrat

Kembung

kelaparan terus-menerus

Terus menerus gagal berdiet

Apakah tanda-tanda tersebut sepertinya akrab dengan anda?

jika iya, kemungkinan besar anda adalah pecandu karbohidrat. Ini saatnya untuk mengevaluasi ulang diet anda, membuang kebiasaan-kebiasaan buruk dan mengikuti panduan kgaya hidup sehat renda karbohidrat.

 

Jika anda mempunyai gejala-gejala di atas, maka hindari bahan makanan ini:

Roti putih dan produk roti, Nasi putih, Gula murni, Garam, Minuman effervescent, Minuman liquer dan jus yang dibotolkan, makanan-makanan manis, cokelat, margarin, biskuit dan kue manis, buah dan sayuran kalengan (kecuali jika dikalengkan dengan air), produk daging yang diproses, sereal yang mengandung gula, yogurt buah yang dimanikan, es krim (kecuali jika anda membeli merek yang rendah karbohidrat), pasta putih, prepacked convensience meals, saus dan campuran gravy (untuk daging).

 

Tapi apa yang bisa saya makan?

jangan panik, anda tidak akan kelaparan! sebaiknya akan menjadi lebih baik jika anda banyak makan kelompok makanan ini:

Buah dan sayuran berserat tinggi: Buah dan sayuran bisa ditambahkan pada salad, ditumis, atau dikukus sebagai pendamping. Penting untuk memasukkan makanan yang serat dalam diet anda setiao hari, jika mungkin masih mentah.

Lemak yang sehat: Minyak yang tidak dimurnikan dan diproses tanpa pemanasan seperti zaitun, bunga matahari, bunga daisy, jagung, biji rami, dan wijen, beberapa jenis minyak, kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya dengan asam lemak omega-3 dan omega-6, akan menjaga tubuh anda tetap sehat dan berfungsi sebagai sumber energi yang kedua.

protein berkualitas tinggi: Ikan dan kerang, tutama ikan berlemak yang kaya omega-3 seperti sarden, mackerel, tuna, dan salmon adalah sumber protein yang tepat penuhi kulkas anda dengan ikan dan kerang. Tapi pastikan ikan-ikan ini segar dan beraal dari sumber yang terpercaya.

Ternak dan binatang buruan: Terutama yang sehat dan tak berlemak cobalah ayam, kalkun, itik liar, ayam hutan, burung puyuh, kelinci, daging rusa, dan babi hutan liar yang organik.

Daging: bila mungkin yang organik. Memanggang daging sapi, kambing atau babi, atau meramaikan salad dengan sedikit bacon atau ham organik.

Telur: bisa direbus atau didadar dan sebaiknya oganik jika memungkinkan.

Keju: sebaiknya dimakan secukupnya, tetapi porsi 100 g keju organik sesekali masih diperbolehkan.

Produk kedelai: tinggi proteinnya, jika anda vegetaris atau sekedar ingin perubahan, tahu, tempe, dan produk kedelai lainnya adalah pilihanyang bagus dan rendah lemak.

Bubuk protein whey: yakni sumber protein yang tinggi nilai biologinya.