Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia – Seperti yang kita tahu bahwa jika kita kurang tidur, akan membuat berbagai gangguan terutama dalam hal kesehatan tubuh. Jika kita kurang tidur, maka akan menimbulkan berbagai gangguan, mulai dari depresi, resiko kardivaskular, resiko diabetes, bahkan membuat lingkar pinggang menjadi semakin berkembang.

Cara Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah yang berhungungan dengan tidur atau insomnia, adalah dengan konsumsi makanan yang tepat. Ada sebuah penelitian oleh CEO dari The National Sleep Foundation, Russell Rosenberg, Ph.D mengutarakan bahwasannya beberapa jenis makanan dapat mendorong seseorang untuk tidur di malam hari dengan lebih baik dan nyenyak. Dari kutipan Naturalnews, berikut makanan dan minuman pencegah insomnia

6 Makanan dan Minuman untuk mengatasi Insomnia

Ceri

Untuk membantu supaya tidur menjadi nyenyak dan nyaman, maka ceri adalah salah satu makanan yang dapat membantunya. Ceri memiliki kandungan melatonin alami, yang bisa mengatur pola tidur kamu. Jika kamu ingin tidur lebih nyenyak, kamu bisa konsumsi segelas jus ceri ataupun beberapa ceri segar.

Madu

Madu mengandung gula alami yang bisa mengantarkan triptofan ke dalam otak yang selanjutnya dikonversi menjadi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang bisa membantu untuk relaksasi. Selain hal itu, adanya glikogen didalam liver dapat diisi kembali dan bisa membatasi pelepasan tidur yang biasa mengganggu adrenalin dan kortisol di waktu pagi. Oleh karenanya, kamu bisa konsumsi dua sendok teh madu setiap satu jam sebelum kamu tidur.

Beras Melati

Beras melati adalah satu diantara jenis beras yang baunya harum dan berasal dari Thailand. Menurut para peneliti, apabila mengkonsumsi sejumlah kecil saja beras yang mengandung glisemik tinggi di waktu malam hari, akan bisa membantu untuk tidur yang lebih nyenyak. Menurut mereka, makanan yang memilii kandungan glisemik tinggi, seperti halnya beras melati dapat meningkatkan ketersediaan triptofan dalam otak.

Pisang

Pisang dapat menginduksi rasa kantuk dikarenakan memiliki kandungan kalium, karbohidrat, dan magnesium. Selain hal itu, buah pisang juga akan menjadi cemilan yang cocok dikonsumsi sebelum kamu tertidur. Kesehatan jantung serta fungsi kognitif akan terjaga karena kandungan kalium yang ada dalam pisang.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung potassium yang tinggi. Ubi jalar bisa membantu untuk relaksasi otot serta bisa memberikan karbohidrat kompleks yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Teh herbal

Jika kamu ingin tidur yang lebih nyenyak, maka teh herbal adalah adalah salah satu solusinya. Kamu bisa minum dan menikmati secangkir teh herbal di malam hari supaya bisa tidur dengan lebih nyenyak. Chamomile, catnip motherwort dan valerian adalah salah satu contoh dari teh herbal.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa menghindari insomsnia. Selain itu, kamu bisa menjauhkan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi atau lemak tinggi supaya tidur nyenyak. Kemudian, minuman seperti kopi dan soda, juga bisa membuat tidur kamu kurang nyenyak, untuk itu perlu kamu kurangi.