7 Bahan Alami Penambah Insulin

Makanan Penambah Insulin – Apakah anda menderita Diabetes? Jika iya mungkin anda bisa mengurangi dan mengobati penyakit diabetes anda setelah membaca tuntas tulisan ini. Seperti yang kita tau di sekitar kita banyak sekali penderita penyakit kecing manis yang menyerang baik itu masih muda maupun orang dewasa dan sudah tua sekalipun. Diabetes adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Ketika seseorang menderita diabetes maka pankreas orang tersebut tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menyerap gula yang diperoleh dari makanan. Itu yang menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi akibat timbunan gula dari makanan yang tidak dapat diserap dengan baik dan dibakar menjadi energi. Penyebab lain adalah insulin yang cacat atau tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin dengan baik.

Bahan Alami Penambah Insulin

Makanan Alami Penambah Insulin

Hormon Insulin

Hormon Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas, sebuah organ di samping lambung. Hormon ini melekatkan dirinya pada reseptor-reseptor yang ada pada dinding sel. Insulin bertugas untuk membuka reseptor pada dinding sel agar glukosa memasuki sel. Lalu sel-sel tersebut mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Dengan kata lain, insulin membantu menyalurkan gula ke dalam sel agar diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin tidak cukup, maka terjadi penimbunan gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes.

Faktor-Faktor Penyebab Diabetes :

  1. Keturunan, orang yang memiliki history keluarga yang pernah mengalami diabetes memiliki resiko terkena diabetes yang lebih tinggi.
  2. Usia, semakin dewasa seseorang maka resikonya terkena diabetes akan semakin tinggi.
  3. Jenis kelamin, prevalensi wanita terkena diabetes lebih tinggi dibandingkan prevalensi pada pria.
  4. Obesitas, semakin besar kelebihan berat badan maka prevalensi terganggunya kerja insulin akan semakin besar, karena kelebihan lemak dapat menyebabkan gangguan pada kerja hormon insulin.
  5. Aktivitas fisik, semakin jarang kita melakukan aktivitas fisik maka gula yang dikonsumsi juga akan semakin lama terpakai, akibatnya prevalensi peningkatan kadar gula dalam darah juga akan semakin tinggi.
  6. Pola makan, pola makanan berlemak dan karbohidrat yang berlebihan akan meningkatkan resiko terkena diabetes.
  7. Stress, merupakan salah satu faktor pemicu meningkatnya resiko diabetes.

Secara umum, beberapa gejala diabetes yang terjadi antara lain:

  • Sering buang air kecil.
  • Sering merasa sangat haus.
  • Sering lapar karena tidak mendapat cukup energi sehingga tubuh memberi sinyal lapar.
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba meski tidak ada usaha menurunkan berat badan. Hal ini karena sewaktu tubuh tidak dapat menyalurkan gula ke dalam sel-selnya, tubuh membakar lemak dan proteinnya sendiri untuk mendapatkan energi.
  • Sering kesemutan pada kaki atau tangan.
  • Mengalami masalah pada kulit seperti gatal atau borok.
  • Jika mengalami luka, butuh waktu lama untuk dapat sembuh.
  • Perubahan perilaku seperti mudah tersinggung. Penyebabnya karena penderita diabetes tipe 1 sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil sehingga tidak dapat tidur nyenyak.
  • Mudah merasa lelah.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit Diabetes?

Untuk mengobati diabetes secara alami prinsipnya yakni dengan cara meningkatkan hormon insulin secara alami pula, dengan kata lain saat kebutuhan hormon insulin dalam tubuh tercukupi maka kadar gula dalam darah secara otomatis akan mengurangi resiko penimbunan gula dalam darah sehingga lebih minim resiko terkena diabetes. Kombinasikan dengan diet sehat agar hasil lebih maksimal. Nah apa saja sih bahan alami yang mengandung insulin? simak yang di bawah ini.

7 Bahan Alami Penghasil Insulin

1. Buncis mengobati diabetes

Sayur buncis yang rasanya enak ini ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah hingga batas normal karena zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh tubuh kita dari organ tubuh yang dinamakan pankreas yang fungsinya menurunkan kadar gula dalam darah, sebaiknya sering-seringlah mengkonsumsi buncis.

2. Mengkudu mengobati diabetes

Khasiat mengkudu  dapat memperbaiki reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik caranya ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang lalu parut dan peras dengan kain yang bersih dan minumlah sarinya.

3. Pare mengobati diabetes

Pare ini berkhasiat untuk memperbaiki sel beta pankreas caranya 200 g pare lalu kita jus dan minum airnya jangan terlalu sering meminumnya karena kalau terlalu sering minum jus pare bisa menyebabkan diare.

4. Brotowali mengobati diabetes

Brotowali berkhasiat menghilangkan rasa sakit dan dapat menurunkan panas caranya ambil 6 cm batang brotowali dan akarnya cuci bersih potong dan rebus dengan air 3 gelas menjadi 2 gelas dan minumlah setelah makan bisa diminum setiap hari kalau masih merasakan sakit dan panasnya belun turun.

5. Ginseng mengobati diabetes

Ginseng ini sudah terkenal dapat meningkatkan stamina khasiat lainnya juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Kayu manis mengobati diabetes

Kayu manis selain sebagai bumbu dapur berkhasiat menghambat radikal bebas yang dapat berbahaya bagi ketahanan tubuh usahakan sering menambahkan kayu manis dalam masakan kita sehari-hari.

7. Jus Kulit Buah Manggis mengobati diabetes

Di dalam buah Manggis terkandung senyawa yang disebut xanthone dengan kandungan yang tinggi. Xanthone sendiri merupakan senyawa polyhenolic yang sangat bermanfaat dalam membunuh berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, dan trombosis. Cara membuat: Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Untuk mengurangi rasa pahit dapat direbus terlebih dahulu. Kemudian masukkan blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan Gula Aren. Anda juga bisa mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti Alpukat, Mangga, Sirsak dan lainnyaAnda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

Terimakasih telah membaca 7 Bahan Alami Untuk Mengobati Diabetes, semoga artikel pengobatan kesehatan tentang cara mengobati diabetes (kencing manis) di atas bisa memberi sedikit manfaat khususnya bagi para penderita diabetes.