5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

5 Manfaat Rebung Untuk KesehatanRebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan dan sayuran. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah.

Saat ini, rebung sudah dapat diolah untuk berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati yang cukup tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung.

Manfaat dan Khasiat Rebung Bambu

Manfaat Rebung Bambu

Rebung juga di ketahui memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan 12 asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi rebung secara teratur sejatinya kita telah melakukan tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.

Masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal nama Rebung sebagai sayur untuk masakan di rumah, pasalnya rebung memang di akui memiliki rasa yang lezat dan diketahui bisa membuat selera makan bertambah. Namun, tahukah anda kalau ‘tunas bambu’ ini juga memiliki nilai lebih dari sekedar bahan sayuran? berikut kami sajikan manfaat rebung yang kita kumpulkan dari beberapa sumber.

Manfaat Rebung bagi Kesehatan.

1. Rebung dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kandungan antioksidan ini bisa menangkal radiasi bebas senyawa yang berbahaya bagi manusia. Sedangkan jenis antioksidan yang terdapat dalam rebung namanya adalah Fitosterol.

2. Rebung mengurangi resiko kanker. 

Kandungan serat yang tinggi pada rebung bisa mengurangi resiko terkena kanker, khususnya kanker di saluran pencernaan. Betapa tidak, serat yang juga berfungsi sebagai sikat di dalam saluran penceranaan ini akan dengan sendirinya membersihakan zat zat yang berpotensi menyebabkan kanker.

3. Rebung untuk program diet.

Bagi yang sedang dalam program melangsingkan tubuh, serat akan membuat perut terasa kenyang hingga nafsu makan makin mudah dikendalikan. Selain itu, rebung mengandung lemak dan kadar gula yang rendah sehingga sangat di rekomendasikan oleh beberapa kalangan sebagai salah satu diet alami paling di minati.

4. Rebung dapat menjaga kesehatan sel-sel.

Sayuran ini banyak mengandung protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

5. Rebung mengurangi resiko stroke.

Rebung juga tercatat sebagai salah satu makanan yang kaya akan kalium, setidaknya 400 mg. FYI kalium ini  diketahui sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke karena kebanyakan penderita stroke biasanya mengalami defisiensi mineral ini.

Terimakasih telah membaca 5 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan. Semoga artikel kesehatan tentang manfaat rebung di atas dapat memberi sedikit manfaat.